7 Cara Merawat Tanaman Hias Alocasia, Perhatikan Penyiraman

7 Cara Merawat Tanaman Hias Alocasia, Perhatikan Penyiraman

 

 Alocasia Guinea Gold

Beli Alocasia Guinea Gold di sini

 

 

Tanaman hias alocasia menampilkan dedaunan yang menakjubkan.Dalam kondisi yang tepat, tanaman hias alocasia dapat tumbuh dengan cepat.

Dikutip dari The Spruce, tanaman hias alocasia tumbuh subur di pot besar. Mereka bisa tumbuh subur di musim kemarau dan kemudian dibawa ke dalam ruangan saat musim hujan.


Namun kalau dijadikan tanaman hias indoor, harus hati-hati ya. Tanaman hias alocasia tergolong beracun, sehingga perlu ditempatkan di area yang jauh dari jangkauan di kecil maupun hewan peliharaan.


Selain itu, dibanding jenis tanaman hias lainnya, sepertinya alocasia butuh perhatian dan waktu ekstra dalam merawatnya nih, Bunda. Maka dari itu, sebelum Bunda membeli dan ingin menjadikan alocasia sebagai koleksi terbaru, ada baiknya pelajari dulu bagaimana cara merawat tanaman hias ini dengan baik dan benar.

Dilansir Leafy Place, berikut ini 7 cara merawat tanaman hias alocasia.

 

Alocasia Red Cuprea       

Alocasia Red Cuprea Sila Beli Di Sini

1. Tanah

Tanam alocasia di tanah berpori yang drainasenya baik. Campuran tanah media tanam alocasia yang dengan lumut gambut dan perlite. Bahan campuran pot ini menahan kelembapan yang cukup, sehingga bisa memberikan drainase yang sangat baik.

Meskipun akar tanaman alocasia membutuhkan tanah yang lembap, mereka tidak menyukai kondisi yang basah. Nanti akarnya bisa busuk. Maka mendapatkan campuran tanah yang benar adalah faktor perawatan penting untuk tanaman hias alocasia.

Kombinasi lumut gambut dan perlite yang tepat juga membantu memberikan nutrisi tanpa terlalu banyak kelembapan. Lumut gambut sangat ideal sebagai penyubur tanah untuk mendorong pertumbuhan alocasia yang sehat. Bahan tambahan seperti kerikil, batu apung, atau perlite yang dihancurkan juga dapat membantu air mengalir dengan cepat melalui pot.

 

Alocasia Macrorrhiza Variegated   

Alocasia Macrorrhiza Variegated sila beli di sini

 

 

2. Penyiraman

Tanaman hias alocasia perlu sering disiram agar tanah tetap lembap. Cara terbaik untuk mengetahui apakah alocasia Bunda yang berdaun lebar membutuhkan air adalah ketika bagian atas tanah, kira-kira 1 - 2,5 cm sudah kering.

Tanaman hias ini tidak menyukai tanah yang terlalu kering dan gersang, tapi jangan lupakan pula kalau alocasia akan mati jika tanah terlalu basah. Memang agak ribet ya.

Sebaiknya Bunda menyiram tanaman hias alocasia sedikit-sedikit, namun sering. Dengan demikian, tanah tetap lembap, tapi juga tidak tergenang air.

 

 

 Alocasia Clypeolata Green Shield                                                 

           Alocasia Clypeolata (Sila beli Disini)

 

 

3. Suhu

Tanaman hias alocasia seperti alocasia reginula, alocasia macrorrhiza stingray, dan alocasia silver dragon tumbuh subur di ruangan yang hangat. Kisaran suhu yang ideal untuk mereka adalah 18 derajat Celsius sampai 27 derajat Celsius demi pertumbuhan yang cepat dan dinamis.

Suhu minimal untuk tanaman hias alocasia adalah 15 derajat Celsius. Penting untuk diingat bahwa suhu dingin dapat mematikan tanaman hias yang menyukai kehangatan ini.

Kalau ditanam di halaman, sangat penting untuk menjauhkan tanaman hias dalam pot dari terlalu banyak sinar matahari langsung dan angin yang dingin.

 

nurserykebunbandar.com

4. Kelembapan

Tanaman hias alocasia membutuhkan kelembapan antara 50 hingga 60 persen agar bisa tumbuh subur di dalam ruangan. Biasanya, udara rumah terlalu kering untuk tanaman hias yang menyukai kelembapan ini. 

Untuk mendorong pertumbuhan yang sehat, semprot daun tanaman hias alocasia setiap hari, gunakan pelembab ruangan, atau letakkan pot di atas nampan kerikil yang setengah terisi air untuk meningkatkan kelembapan.


Leave a comment

Tags